Facebook tiba-tiba membuat ulah yang mengagetkan, yaitu dengan membentuk komunitas Indonesia yang sangat dekat dan jumlah nya jutaan. Mereka semua bercanda setiap hari di web, mengungkapkan segala kekesalan dan kebahagiaan. Facebook serta merupakan sarana yang sangat cocok untuk saling mengikat tali silahturrahmi yang sudah terputus puluhan tahun. Per akhir Februari 2009, pemilik profil di Facebook network Indonesia 1.365.711 orang.
Kejutan Facebook ini merupakan gelombang ketiga peningkatan pemakai internet secara signifikan di Indonesia, diawali dengan merebaknya chatting di sekitar tahun 1999. Diperkirakan sekitar 100.000 orang ketagihan chatting pada saat itu (jumlah pelanggan Internet di tahun 1999 adalah 256.000 orang dan tercatat pengguna Internet 1.000.000 orang—menurut www.apjii.or.id) yang dilayani oleh ribuan warnet di seluruh Indonesia. Diperkirakan sekitar 150.000 anak-anak dan remaja bermain game network pada sekitar tahun 2001-an (pelanggan internet pada tahun 2001 adalah 581.000 orang dengan pengguna sebesar 4.200.000 orang)
Tahun 2008 lalu, gejolak internet di Indonesia kembali mengalami satu kemajuan, paling tidak sudah terjadi metode pengukuran dari jumlah pemakai yang riil dan dapat dipertanggungjawabkan. Jumlah pemakai internet sebelumnya merupakan angka kira-kira dan didapat dari berbagai sumber yang berbeda (tahun 2007 menurut CIA The World Factbook, tercatat 13 juta pengguna internet dan Indonesia menduduki ranking ke 26 di bawah Thailand dan Turki, sedang menurut APJII angkanya 25 juta pengguna).
Dengan kenaikan rata-rata sepuluh sampai 16 ribu orang per hari, diharapkan di akhir 2009 nanti, Indonesia akan dapat mengumpulkan sekitar 7 juta pemakai Facebook aktif. Angkanya masih sangat jauh ketimbang orang Amerika pengguna Facebook saat ini, yaitu 48.813.538 orang.
Facebook dapat dimasukkan dalam kategori “killer application”, dimana menarik minat bangsa kita untuk masuk ke internet dan memanfaatkannya secara optimal. Sebetulnya salah satu sarana peningkatan pengguna Facebook dimotori oleh peningkatan populasi pengguna Blackberry, Karena disalah satu fitur yang ada, facebook masuk ke dalam pemanfaatan Blackberry, sejajar dengan Blackberry Messenger sebagai aplikasi default-nya. Hebatnya lagi, dengan teknologi yang always on, seluruh update dari Facebook dapat disajikan di layar kecil Blackberry yang dibawa-bawa terus oleh sekitar satu juta orang Indonesia.
Dengan perkiraan sekitar 25 juta pemakai pada 2007 yang lalu, maka dapat diproyeksikan di akhir 2009 ini sudah mencapai 30 juta orang Indonesia yang masuk jaringan internet atau sekitar 13% dari penduduk Indonesia ditambah 20 juta pengakses internet via handphone sehingga total sekitar 50 juta.
Sumber : info LINUX edisi 04/2009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar