Minggu, 09 Oktober 2011

Kewirausahaan - Sumber-sumber potensial peluang

Proses penjaringan ide disebut screening yang merupakan suatu cara terbaik untuk menuangkan ide potensial menjadi produk atau jasa riil. Adapun langkah-langkah dalam penjaringan ide (screening) ide dapat dilakukan dengan cara Menciptakan produk baru dan berbeda, mengamati pintu peluang, analisis produk dan proses produksi secara mendalam, menaksi biaya awal, dan memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi.
Menciptakan Produk Baru dan Berbeda

Produk dan jasa yang dibuat harus menciptakan nilai bagi pembeli, untuk itu wirausaha harus benar-benar mengenal perilaku konsumen di pasar.

Ada dua unsur pasar yang perlu diperhatikan:

* Permintaan terhadap barang/jasa yang dihasilkan
* Waktu penyerahan dan waktu permintaan barang/jasa

Kemampuan untuk memperoleh peluang, sangat bergantung pada kemampuan wirausaha untuk menganalisis pasar, yang meliputi aspek:

* Analisis demografi pasar
* Analisis serta tingkah laku pesaing
* Analisis keunggulan bersaing pesaing dan kevakuman pesaing yang dapat dianggap dapat menciptakan peluang

Mengamati Pintu Peluang

Wirausaha harus mengamati potensi-potensi yang dimiliki pesaing, misalnya:

* Kemungkinan pesaing mengembangkan produk baru
* Pengalaman keberhasilan dalam mengembangkan produk baru
* Dukungan keuangan
* Keunggulan-keunggulan yang dimiliki pesaing di pasar

Kemampuan pesaing untuk mempertahankan posisi pasar dapat dievaluasi dengan mengamati kelemahan-kelemahan dan resiko pesaing dalam menanamkan modal barunya.

Pintu peluang usaha baru dapat diperoleh dengan cara (Zimmerer):

* Produk baru harus segera dipasarkan dalam jangka waktu yang relatif singkat
* Kerugian teknik harus rendah
* Bila pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi produknya
* Pesaing tidak memiliki teknologi yang canggih
* Pesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam mempertahankan posisi pasarnya
* Perusahaan baru memiliki kemampuan dan sumbe-sumber untuk menghasilkan produk barunya

Memperhitungkan Resiko yang Mungkin Terjadi

Resiko pesaing, kemampuan dan kesediaan pesaing untuk mempertahankan posisi pasarnya:

* Kesamaan dan keunggulan produk yang dikembangkan pesaing
* Tingkat keberhasilan yang dicapai pesaing dalam pengembangan produknya
* Seberapa besar dukungan keuangan pesaing bagi pengembangan produk baru

Resiko teknik adalah kegagalan dalam proses pengembangan produk. Sedangkan resiko finansial adalah kegagalan yang timbul akibat ketidakcukupan dana.

sumber : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar